Loading…

Simulasi dan Sosialisasi SAR DOG Menurut Metodologi INSARAG

Pada tanggal 2 Desember 2017, AK9 dan Bandung SAR DOG Training Center bekerjasama dengan Jakarta Rescue, BNPB Kab.Bandung Barat, dan BASARNAS menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk “Simulasi dan Sosialisasi SAR DOG Menurut Metodologi INSARAG” yang bertempat di tempat latihan milik AK9 Jl.Kolonel Masturi 153 Parongpong Lembang Bandung.

Hal tersebut bertujuan untuk mensinergikan potensi-potensi SAR, baik dari sipil maupun militer, agar dalam suatu operasi SAR dapat terjalin suatu pemahaman dan kerjasama yang ter-standarisasi berdasarkan metode Internasional yang digunakan di seluruh negara di dunia dalam naungan PBB yang tergabung dalam lembaga internasional dimana INSARAG merupakan induk kelembagaan dalam kegiatan SAR DOG dalam penanggulangan dan penyelamatan jika terjadi bencana.

Pada kegiatan ini diikuti oleh berbagai organisasi SAR seperti Unit K9 POLDA JABAR, Militer dalam hal ini Batalion Zeni Konstruksi 11, 12 13 dan 14, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Bandung Barat, perwakiilan kepolisian K9 Jawa Tengah, unit K9 kabupaten /kota Malang dan para sukarelawan SAR di wilayah Kota Bandung.

Bertindak sebagai narasumber kegiatan tersebut adalah Bpk R.Hadianto Wardjaman S.H.,M.A.P.,A.A.I.J yang juga merupakan Presiden Direktur Jakarta Rescue dan Ibu Fitriana Suprapti .M.Nurs.yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Jakarta Rascue.

Dalam sesi pertama, seluruh peserta yang hadir berdiskusi dan diberikan pemahaman tentang metodologi yang digunakan dalam suatu operasi SAR Internasional berpedoman pada aturan INSARAG dan IRO. Dan pada sesi kedua, diadakan simulasi penyelamatan dan pencarian korban bencana dengan menggunakan Doggie sebagai unsur vital yang disimulasikan dalam kegiatan ini. Sehingga apabila dibutuhkan, maka Team SAR DOG dapat menjadi ujung tombak dalam pencarian korban yang masih dapat diselamatkan pada saat bencana terjadi.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us